Wali Kota Bandung, Ridwan Kamil termasuk kepala daerah yang sukses menggunakan media massa dalam mensosialisasikan diri dan program kerjanya. Ia juga aktif bersosial media. Bahkan, admin akun media sosial langsung dipegang Ridwan Kamil sendiri.
"Ketika terpilih menjadi Wali Kota Bandung, Pak Ridwan Kamil mengumpulkan semua kepala SKPD. Dia menegaskan, kalau dirinya aktivis media sosial yang menjadi kepala daerah. Kepala SKPD juga diminta melek media sosial," ungkap Meiwan Kartiwa, Kasubag Liputan dan Dokumentasi Humas Setda Kota Bandung ketika menerima rombongan Humas dan Forum Wartawan Parlemen (FWP) DPRD Kota Padang, Rabu, 15 November 2017.
Dikatakan Meiwan Kartiwa, dalam melaksanakan tugas sebagai Wali Kota, seperti melakukan kunjungan lapangan dan perjalanan dinas, Ridwan Kamil selalu didampingi wartawan, di luar Humas.
Sebagai aktifis medsos Ridwan Kamil selalu memposting setiap kegiatan dan program Pemko Bandung untuk dapat dilihat publik. Walikota Bandung siap menerima setiap kritikan, saran dan masukan untuk perbaikan kinerja pemerintahan ke depannya lebih baik lagi, urai Meiwan Kartiwa.
"Misalnya, kemaren itu Walikota dinas luar ke Medan, dia didampingi dua orang wartawan. Wartawan yang mendampingi tak hanya itu-itu saja, tetapi selalu digilir pada setiap kunjungan," jelasnya.
Sedangkan untuk pembuatan advertorial disesuaikan dengan anggaran yang ada. Kontrak pun dibuat dengan jelas sesuai DPA yang ada pada tahun anggaran 2017 ini. Pokoknya semua kerjasama antara Pemko Bandung dengan perusahaan pers sesuai dengan aturan yang berlaku, tegasnya.
Wahyu Iramana Putra selaku pimpinan rombongan sangat mengapresiasi apa yang telah dilakukan Walikota Bandung untuk memajukan daerahnya dengan mencontohkan keterbukaan informasi publik. Diharapkannya hal itu dapat menjadi contoh bagi Pemko Padang dalam mengelola dan menata Kota Padang menjadi lebih baik dan sejahtera dimasa mendatang.